-->

Apa Itu Generasi SANDWICH?

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Kali ini saya akan membahas tentang apa sih itu generasi sandwich?. Nah istilah generasi sandwich pertama kali muncul pada tahun 2019, istilah ini muncul ketika banyaknya fenomena kegagalan para generasi milenial, yang baru saja memasuki babak keluarga atau sudah menikah, ataupun dia yang sudah bekerja. 

Dalam mengelola keuangan karena harus membiayai orang tuanya dan anggota keluarganya yang lain, generasi sandwich dianggap sebagai generasi yang mampu menyelamatkan keluarga dari defisit keuangan setiap bulannya. Oleh karena itu, mereka berada pada situasi dan kondisi yang mendesaknya untuk wajib mencukupi kebutuhan keluarganya, orang tuanya, serta anggota keluarga yang lain. Nah Apa sih penyebab dari adanya generasi sandwich ini, antara lain :

Cuan-dari-rumah

1. Minim Pengetahuan Financial 

Hal tersebut berdampak pada tekanan yang dilakukan pada anak-anaknya, bahwa mereka wajib menafkahi keluarganya sampai akhir hayat. Karena menurut para orang tua, anak adalah sumber investasi untuknya dihari tua. 

2. Gaya Hidup Konsumtif 

Di masa muda, penting sekali untuk kita para generasi milenial memiliki rencana keuangan untuk masa depan. Hal tersebut untuk memberikan kita gambaran, apa saja rencana besar atau kecil yang akan kita lakukan kedepannya. Jika di masa muda kita sudah menerapkan gaya hidup konsumtif tersebut, tentu akan menghambat rencana keuangan di masa depan. Jadi istilahnya jangan boros!

Baca Juga :
3. Membeli sesuatu tidak penting dengan cicilan

Kebiasaan satu ini menjadi sangat berbahaya, karena ketika kita tidak mampu meneruskan pembayarannya, atau kita memperbanyak cicilan, maka penggunaan keuangan kita semakin tidak teratur. Apalagi jika barang-barang yang kita beli terlalu tidak penting. 

Nah itulah penyebab adanya generasi sandwich. lalu apa sih dampaknya terhadap generasi sandwich ini setelah saya tadi menyebutkan penyebabnya. Sekarang Saya akan menyebutkan dampaknya, dampak terhadap si generasi sandwich ini adalah :

1. Generasi sandwich rentan stress 

Stress dapat memunculkan hal-hal negatif bagi dirinya sendiri, maupun orang lain. Stress juga dapat menghambat para generasi sandwich untuk melakukan hal-hal yang sedang mereka kerjakan. Stress juga menyebabkan tidak sehatnya kondisi jasmani dan rohani, karena pikiran adalah sumber dari segala tindakan. Oleh karena itu, diperlukan untuk generasi sandwich ini self-healing atau me time untuk mengurangi, serta juga meredakan stress itu sendiri. 

2. Kesulitan mengelola pekerjaan, hobi dan waktu 

Setelah adanya stress tadi, maka para generasi sandwich itu akan mendapatkan kesulitan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, dan juga membagi waktu, itulah kesulitan mereka. Pekerjaan yang tidak dapat terselesaikan dengan baik, akan menyebabkan timbulnya permasalahan lainnya yang semakin rumit. Untuk mencegah permasalahan itu, maka para generasi sandwich harus memiliki sikap ketegasan, yang mereka terapkan pada diri mereka sendiri. 

3. Munculnya rasa bersalah 

Timbulnya rasa bersalah, disebabkan karena selalu merasa tertekan dengan situasi-situasi tertekan, yang menyerang pada generasi sandwich. Hal ini memunculkan banyaknya bahaya terhadap diri mereka sendiri dan juga orang disekitarnya, perasaan bersalah ini juga menimbulkan rasa putus asa pada generasi sandwich tadi. Jika itu terjadi berkepanjangan, dapat menyebabkan para generasi milenial kehilangan rasa kepercayaan diri, dalam menyelesaikan berbagai pekerjaannya. 

Cuan-dari-rumah

4. Kesulitan menyelesaikan masalah 

Setelah tadi saya menyebutkan stres, susah membagi waktu dan juga tidak konsentrasi dalam hal pekerjaan, kesulitan untuk menyelesaikan masalah juga merupakan dampak terhadap generasi sandwich itu sendiri. Berbagai masalah yang sedang dihadapi, karena pikiran yang dipenuhi dengan hal-hal yang membuat seseorang atau generasi sandwich itu merasa stuck. Agar terhindar dari kesulitan itu, para generasi sandwich harus mampu berpikir jernih dan tenang, untuk perlahan-lahan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Itulah pembahasan kali ini mengenai "apa sih itu generasi sandwich", penyebabnya apa dan bagaimana dampaknya. Jadi jangan sampai kalian menjadi generasi sandwich, hindari segala sesuatu yang menjadikan kalian sebagai generasi sandwich. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuan dari rumah ini, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat.

Komentar