-->

Tips Merubah Hidup Lebih Baik

Halo Sobat Cuan,  ini adalah tips buat anda yang mau merubah hidup, tips buat anda yang sudah bosen hidup miskin, dan mengubah hidup menjadi kaya. Kalau anda miskin, anda bisa tahu kenapa anda miskin. Bisa jadi dari 9 hal dibawah ini, ada 1/2 yang menempel di diri anda. Rubah caranya, saya yakin kehidupan anda akan jadi lebih baik.

Cuan-dari-rumah

Hal pertama, kenapa orang menjadi miskin? karena mereka BENCI ORANG KAYA. Benci Orang Kaya? Ya. Nah pertanyaannya, kalo pikiran kita aja sudah benci akan sesuatu, mau nggak kita jadi seperti  itu? Ya engga lah. Nah, karena itu yang membuat anda tetap miskin. Ubah dengan mulai kagumi orang kaya, kagumi sesuatu yang anda mau. Seumpama saya mau menjadi pemain sepakbola, saya akan kagumi Cristiano Ronaldo, Mohammed Salah, atau Karim Benzema sebagai contohnya, atau siapapun itu. Sehingga saya akan merasa bisa seperti dia, belajar dan mengikuti apa saja cara dia untuk menjadi seorang yang sukses. Jadi, kalau anda ingin rubah hidup anda dan jadi kaya, mulailah kagumi orang kaya. 

Hal kedua, anda akan selalu miskin kalau anda terlalu mau kelihatan kaya. Karena anda akan membeli barang-barang yang tidak akan naik harganya, misal (HP, Mobil, Barang Mewah), dan barang-barang yang akan membuat anda kelihatannya keren. Biasanya, barang tersebut mahal, harganya juga turun. Harganya bukan semakin lama semakin bagus, tapi semakin lama semakin turun. Jadi, tips kedua ini kalau anda ingin kaya, nggak perlu untuk kelihatan kaya, orang kaya diam-diam aja kok, yang tahu siapa? Dompet anda dan bank deposit anda, itu aja cukup. Nggak usah terlalu tampil untuk kelihatan kaya buat orang lain, yang anda sama sekali nggak kenal. 

Baca Juga : 

Hal ketiga, jangan makan gengsi, pilah-pilih kerjaan,  saya pengen sukses, saya pengen kaya. Oke, tapi anda harus kerja dan gak boleh pilah-pilih kerjaan. Nggak bisa kalau anda pengen sukses, anda pengen kaya, nggak usah pilah-pilih kerja, kerjakan apa saja yang bisa menghasilkan. Ada kata pepatah gini, kalau anda ingin cari harta karun, carilah harta karun di tempat yang banyak ularnya, karena kalau tempatnya terlalu bersih, semua orang sudah melihat harta karun tersebut, jadi ya nggak bakal kebagian. 

Sama kalau anda nonton film Pirates Of The Carribean, anda mencoba nonton film Indiana Jones, atau mencari harta karun, nggak ada orang yang kerjanya di tempat yang bersih, harta karun itu nggak berasal dari tempat yang bersih, jadi jangan memilih pekerjaan, karena terkadang pekerjaan yang paling kotor lah yang paling orang nggak mau. Nah, itu mungkin saja menjadi sesuatu yang berharga karena orang gak liat. Inget, makan gengsi adalah makanan paling mahal di dunia, kerjakan sesuatu sesuai dengan fokus anda, pengen kaya nggak usah gengsi gengsian. 

Hal keempat, nggak pernah mau belajar. Padahal ini hal yang terpenting, ini adalah investasi yang terpenting, Jika ingin sukses, ingin kaya, anda harus isi otak, supaya lebih pintar daripada orang lain. Karena dengan kita memiliki kepintaran yang lebih daripada orang lain, kita akan bisa dapat ide, kita akan bisa implementasikan hal-hal yang baru, lebih cepat dan lebih baik daripada kompetitor kita. Tapi kalau kita nggak pernah investasi di sini, kita nggak pernah isi otak kita, bagaimana caranya kita bisa menang daripada orang lain zaman sekarang. Zaman sekarang orang pakai otak bukan pakai otot, orang yang pintar lah yang akan dapat menghasilkan yang lebih banyak. Jadi, ingat investasi tersebut, terus belajar, belajar sama siapapun, belajar sama guru yang terbaik, belajar sama guru-guru yang terbaik di luar sana, cari mentor yang bagus, siapapun itu dan anda investasi leher keatas. 

Hal kelima, ingin cepat kaya. Siapa sih yang ga ingin cepat kaya? semua orang ingin cepat kaya, tetapi kita harus mengerti bahwa kaya adalah sebuah bentuk proses, ketika orang nggak percaya prosesnya dan hanya ingin cepat kaya, mereka nggak akan paham bagaimana caranya secara detail, akhirnya apa yang terjadi adalah kena tipu. Banyak kok diluar sana money games atau permainan uang, MLM Mungkin saja, atau investasi bodong lainnya. 

Hal-hal seperti itu akan membuat anda kena tipu, karena menjanjikan mimpi yang gak bakal terkabul, mimpi yang banyak orang mau, tetapi sangat sulit untuk dicapai. Ingin cepat kaya, seringkali membuat kita juga melupakan integritas kita, melupakan kejujuran kita, dimana hal tersebut adalah kriteria utama yang paling penting untuk seorang pebisnis, karena pebisnis yang dipegang adalah kepercayaan. Jadi kalau anda pengen jadi orang kaya, percaya prosesnya, percayalah bahwa proses akan membangun anda untuk menjadi lebih baik, lupakan tentang cepat kaya, jalani prosesnya dengan tekun dan sabar. 

Hal keenam, gak mau berkorban dan berubah. Yah coach saya memang udah begini, ya ini yang saya bisa, dan saya udah biasa melakukan hal seperti ini sepanjang 10 tahun. Sebagai contoh, kalau anda selalu berkata hal seperti itu ya anda nggak bakal kaya, karena nggak mungkin buat kita untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda, tetapi melakukan hal yang sama. 

Jadi kalau anda ingin jadi orang kaya, anda harus berubah dan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan orang kaya. Kalau anda sekarang miskin dan anda melakukan hal-hal yang membuat anda miskin, ya hasilnya pasti miskin. Ingin kaya, lakukanlah apa yang orang kaya lakukan. Amati, tiru dan modifikasi apa yang orang kaya lakukan. Jadi, kalau anda nggak mau berubah, nggak mau berkorban, dan nggak mau capek, anda akan tetap sama dengan keadaan anda sekarang.

Hal ketujuh, nggak bisa menunda keinginan untuk memiliki sesuatu. Sebagai contoh, banyak dari kita punya keinginan, bisa jadi saya pun memiliki banyak keinginan. Misal gini, sudah lama saya ingin ganti HP, tetapi pertanyaannya untuk apa? bisa enggak saya beli HP baru tersebut? bisa. Tapi kemudian saya tanya kepada diri saya, ketika saya beli HP baru tersebut sebetulnya apa sih gunanya saya membeli itu? saya HP sudah ada 2, ingin beli lagi satu tujuannya untuk apa?. kemudian saya mulai berpikir, Oh iya tapi kan bisa untuk fotografi biar lebih bagus hasilnya.

Oh ya, tapi kan kalau umpamanya saya seorang coach, saya pakai HP terbaru, kayaknya kelihatan lebih keren. Tetapi kan blablabla blablabla, dimana alasan-alasan tersebut adalah hal yang saya rasionalisasikan, bahwa saya harusnya beli HP baru, saya meyakinkan diri saya sendiri untuk membeli HP baru, tapi kemudian saya coba berpikir dengan tenang, dan saya lihat HP lama saya dan saya lihat, eh ternyata masih mulus, masih keren, masalah enggak ada, dan belum ketinggalan model juga. Akhirnya berpikir,  nggak perlu beli HP baru deh, khusus untuk fotografi pakai HP ini juga bisa. Kemudian kalau saya beli HP baru, harganya pasti akan depresiasi (turun), akhirnya saya stop dan saya tidak jadi membeli HP. Jadi, menunda suatu keinginan, terutama untuk tampil bagus atau keren, dan untuk membuat diri anda happy saja, itu akan membuat anda sulit kaya. 

Kita harus bisa membedakan mana barang yang HARUS dibeli, atau barang yang PERLU untuk dimiliki. Karena buat beberapa orang, satu HP pun cukup. Jadi, tolong dipikirkan, tanyakan ke diri sendiri, apa sih yang harus dibeli dan apasih yang nggak perlu. Apapun itu, yang anda mau tapi nggak perlu, atau enggak harus saat ini, alihkan saja uang tersebut untuk investasi. 

Hal kedelapan, berani ngutang. Ngutang ntuk membeli barang konsumtif, dan bayar bunga gede untuk barang yang konsumtif. Seperti pesta , outfit olahraga, keren-kerenan apalagi? traktir makan orang, apapun itu. Anda gunakan credit card, atau anda gunakan pinjaman online, jangan deh, karena kita harus bayar bunga. Belum lagi kalau terjadi krisis dimana kita nggak bisa bekerja, atau sakit, apa yang terjadi? bunga jalan terus, utang tetep aja, tapi umur kita bertambah tua. Hal tersebut hanya akan menjauhkan anda untuk menjadi lebih kaya. 


Hal kesembilan, ini mungkin bisa mengagetkan anda. Adalah gaul dengan yang miskin atau yang lebih miskin daripada anda. Sehingga yang terjadi adalah, kita akan merasa kaya, kalau misalnya gaji saya 50 juta dan gaul dengan orang yang gajinya 5 juta, kita akan merasa, wah hebat banget gaji saya 50 juta. Tapi akan berbeda kalau gaji saya 50 jt, saya gaul sama orang yang 1 miliar perbulan, saya akan merasa termotivasi, aduh kayaknya saya bisa lebih keren deh, saya akan bisa kerja lebih bagus, saya akan bisa dapet hal-hal yang saya mau. 

Contoh, kenapa saya cuma naik Pajero? harusnya saya naik BMW aja, karena teman-teman naik BMW. Jadi, kita terus terdorong untuk maju, ketika kita bergaul dengan orang yang lebih kaya atau sukses daripada kita. Jadi, hindari bergaul dengan orang yang lebih susah daripada anda, kalau anda ingin mengimprove atau membuat diri anda lebih baik. Karena hal tersebut, terkadang hanya akan membuat anda merasa, saya udah bagus dan gak ada alasan lagi untuk mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuan dari rumah, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat. 


Komentar