-->

Pengertian Crypto Winter

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Definisi musim dingin kripto (Crypto Winter) versi Forbes, istilah "musim dingin kripto" mungkin berasal dari serial hit HBO Game of Thrones. Dalam acara tersebut, semboyan House of Stark adalah "Winter is Coming". Ini dijadikan pertanda bahwa konflik abadi bisa terjadi di tanah Westeros kapan saja. 

apa-itu-crypto-winter

Masalah jangka panjang di pasar crypto juga mungkin terjadi. Di masa-masa sulit ini, investor harus tetap waspada dan bersiap menghadapi kekacauan yang akan melanda pasar tanpa banyak peringatan. 

Untuk mendefinisikan frasa secara lebih harfiah, musim dingin kripto adalah saat harga kripto turun dan tetap dibawah dalam jangka waktu yang lama. Analis percaya roda musim dingin crypto yang ada dimulai lebih awal di tahun 2022. 

“Cryptomarkets sudah merasakan dampak dari peristiwa global, termasuk konflik Rusia-Ukraina, yang melemparkan keuangan global ke dalam kekacauan,” kata Igor Zakharov, CEO DBX Digital Ecosystem. Zakharov mencatat bahwa inflasi yang tinggi telah mendorong kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, pemain crypto terbesar. 

“Ketika TerraUSD dan Luna jatuh dan memicu efek domino di dunia crypto, musim dingin crypto telah dimulai,” katanya. Dari bulan November 2021, crypto market sudah turun 60% - penurunan tajam dari $3 triliun menjadi kurang dari $1 triliun hari ini. 

Baca Juga:  Apa Itu Crypto?

Awal terjadinya crypto winter, Analis mengatakan musim dingin kripto biasanya dimulai ketika ada aksi jual yang kuat dari titik tertinggi sepanjang masa Bitcoin. 

BTC mencapai level tertinggi 52 minggu di $68.990 pada November 2021 sebelum memulai penurunan yang cukup lama. Selama satu tahun kebelakang, Bitcoin telah mengalami penurunan tajam, turun hampir 70% dari November 2021 hingga pertengahan Juni. 

Ethereum, yang merupakan mata uang crypto terbesar ke 2, turun 74% dari harga tertinggi pada bulan November 2021. 

Para ahli mengatakan, ekspektasi pengetatan kebijakan moneter oleh Federal Reserve memperburuk penurunan pada bulan Juni, mendorong investor institusi untuk melakukan penjualan. 

Para investor yang telah membeli Bitcoin pada tahun lalu telah mengalami kerugian disebabkan harga kripto yang turun tajam. 

Sebelum crypto winter terakhir, Bitcoin telah mencapai puncaknya mendekati $19.500 pada tahun 2017 sebelum jatuh ke area $3.300, atau turun 83% pada tahun 2018. 

Demikian Pengertian Crypto Winter. Silahkan share ke teman, keluarga maupun saudara agar mereka semua tau. Semoga apa yang sudah dibaca bisa bermanfaat. Terimakasih.

Komentar