-->

Apa Itu Crypto?

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Banyak orang sering berbicara tentang cryptocurrency, tetapi mereka sering menggunakan kata-kata yang rumit. Jadi orang takut untuk tahu lebih banyak tentang cryptocurrency. Meskipun cryptocurrency tidak serumit itu. 

apa-itu-crypto?

Kali ini saya ingin berbagi apa itu cryptocurrency dalam bahasa yang sangat mudah dipahami dan sesingkat mungkin, jadi simak baik-baik!!! Nah, biasanya ketika orang A ingin mentransfer uang ke orang B, transaksi dilakukan dengan proses A, yang melakukan transfer uang - kemudian uang yang ditransfer diproses terlebih dahulu di bank. Setelah itu, uang tersebut ditransfer ke orang B. Bank akan mencatat dan memiliki rincian transaksi uang yang Anda miliki karena semua data milik bank. 

Kita kemudian berbicara tentang sistem terpusat atau disebut centralized system, dimana satu badan yang memiliki detail transaksi anda yaitu Bank. Beda ceritanya kalau dibanding Bitcoin. 

Bitcoin tidak ada kesamaan dengan sistem Bank. Pertanyaan kemudian muncul, siapa yang mengumpulkan data transaksi? Jawabannya adalah semua orang di sistem jaringan bitcoin ini. 

Jadi semua orang di sistem jaringan bitcoin ini akan mencatat dan memiliki rincian transaksi anda. Nah, ini disebut sistem blockchain, sistem ini diklasifikasikan sebagai sistem yang tidak terpusat karena setiap orang memiliki data transaksi setiap orang atau disebut sistem desentralisasi. 

Nah, saat kita melakukan transaksi, Siapa yang memverifikasi apakah transaksi kita sah atau benar? Ini akan menjadi tugas para penambang bitcoin atau biasa disebut Miner, yang mana mereka melakukan verifikasi transaksi dan mendapatkan bitcoin sebagai hadiah verifikasi transaksi yang dilakukan. 

Jadi jika Anda memiliki teman yang mengatakan, "Ayo menambang Bitcoin!" Jadi itu artinya. Anda harus menyelesaikan verifikasi transaksi dan dengan demikian akan mendapatkan bitcoin. 

Sekarang untuk pertanyaan berikutnya, jika setiap orang memiliki data transaksi kita, bagaimana? Bukankah itu berbahaya? Yang perlu kita ketahui sekarang adalah bahwa cryptocurrency adalah anonim, karena alamat akun crypto kita tidak ada hubungannya dengan identitas kita. 

Bagaimana maksudnya? 
Yah, itu tidak seperti bank, dimana jika ingin daftar bank, mau daftar rekening di bank, Anda harus melengkapi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang lengkap dan bank memiliki data Anda. 

Jika alamat crypto kita tidak terikat dengan identitas pengguna. Oleh karena itu, keamanan jadi lebih tinggi. Jadi, misalnya, ada alamat crypto seperti ini (0x1d8d2c093fcdb74a34aee79e288d127ad8c9c312), kita tidak akan tahu siapa orang dibalik alamat itu. Tetapi jika di bank, anda bisa tahu siapa Orang dibalik nomor rekening itu. karena Bank punya semua data anda.

Lalu pertanyaannya Apa kelebihan dan kekurangan dari cryptocurrency? 
Mungkin ada orang yang masih takut memasuki dunia cryptocurrency karena hal-hal seperti profil risiko investasi cryptocurrency relatif tinggi. 

Kemudian, jika Anda lupa kunci dompet atau kata sandi Anda, Nantinya, Anda tidak akan bisa lagi mengakses uang atau cryptocurrency Anda. Kemudian banyak negara juga tidak menggunakan cryptocurrency sebagai mata uang resmi di negara mereka. 

Meskipun El Salvador telah mendeklarasikan cryptocurrency sebagai mata uang resmi negaranya. 

Baca Juga :
Cryptocurrency juga memiliki beberapa keunggulan.

1. Kecepatan dan kemudahan pengiriman ke semua penjuru dunia
2. Keamanan dan privasi, karena transfer dana dalam cryptocurrency bersifat anonim atau tak bernama.
3. Berinvestasi dalam cryptocurrency jika dilakukan dengan benar, meskipun mempunyai risiko yang tinggi, tetapi juga memiliki tingkat keuntungan yang tinggi juga. 

Misalnya, jika Anda memiliki bitcoin pada tahun 2015, harganya Rp 6 juta, sekarang bisa bernilai lebih dari Rp 300 juta. sangat bagus bukan?

Demikian penjelaan tentang Cryptocurrency, Saya berharap itu akan berguna untuk anda. ini bukan ajakan untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, tetapi hanya untuk tujuan pengetahuan saja. 

Silahkan share ke teman, keluarga maupun saudara agar mereka semua tau. Semoga apa yang sudah dibaca bisa bermanfaat. Terimakasih.

Komentar