-->

Peluang Bisnis yang Bakalan Booming di 2023

Halo sobat Cuan, Selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Gak kerasa banget Tahun 2022 udah mau selesai. Nah di tahun 2023 di tahun depan kira-kira trend bisnis kayak apa sih yang bakalan booming? 

bisnis-yang-akan-booming-2023

Sebelum kita bahas trend bisnis yang ada di 2023, saya mau bahas kondisi ekonomi dulu nih yang ada di 2022 ini. Kita mau review apa saja yang terjadi. Major isu yang terjadi Tahun 2022 adalah inflasi yang terjadi besar-besaran di US, yaitu bisa mencapai 9,1% dan ini nggak pernah terjadi selama 40 tahun terakhir. Inflasi yang terjadi ini membuat The Fed atau bank sentralnya US itu menaikkan suku bunga. 

Terus terang ini sangat berpengaruh sama instrumen investasi yang lebih volatil atau yang lebih beresiko seperti saham dan crypto. yang membuat instrumen itu terjun bebas banget di Tahun 2022. Kasus ini terjadi di US karena US adalah negara yang sangat kuat atau negara adidaya, pasti berdampak juga sama negara-negara lain. 

Walaupun memang Indonesia itu pasar sahamnya enggak terlalu terdampak, tapi pasti ada pengaruhnya juga. Hal inilah yang membuat para investor jadi takut untuk berinvestasi lebih di pasar Indonesia. dan ketika investor takut buat investasiin uangnya, pasti perkembangan di dunia bisnis juga akan jadi lebih slow. 

Tahun 2022 ada Major isu lain yang terjadi yaitu perang Rusia dan Ukraina. Rusia merupakan produsen minyak 10% dunia, saat mereka catsup lainnya mereka ini yang membuat harga minyak dunia naik. Saat harga minyak dunia naik, subsidi yang dikeluarin sama pemerintah Indonesia untuk subsidi BBM akhirnya juga makin bertambah. dan Indonesia terpaksa menaikkan harga BBM. Buat kalian yang ingin tahu dampak apa yang bisa terjadi karena kenaikan harga BBM, saya udah bahas di artikel ini.

Jadi ada satu kata kunci untuk trend bisnis yang ada di 2023 yaitu efisiensi. Efisiensi di sini bisa dibagi jadi 2, efisiensi cost dan efisiensi dari segi energi. 

1. Efisiensi cost 

Karena harga BBM meningkat ini membuat harga barang-barang lain kan juga ikut naik, pastinya orang-orang jadi lebih kesulitan buat beli ini itu. Nah ini adalah peluang yang besar banget buat kalian yang bisa produksi barang-barang dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi bukan cuman harga barangnya yang lebih terjangkau, tapi bisa juga dengan barang substitusi. 

Ada satu temen saya yang waktu awal-awal pandemi itu bisnisnya berkembang banget. karena waktu itu orang yang biasa ngerokok mereka substitusi jadi tembakau Linting. Saat itu bisnis temen saya adalah bisnis tembakau linting. Orang yang biasanya ngerokok dia mau berhemat, dia akhirnya beli tembakau yang mereka Linting sendiri. Nah itu bisa berkembang banget saat pandemi, karena orang lagi masa sulit. yang biasa beli rokoknya nggak perlu mikir, sekarang jadi lebih mikir karena mereka harus berhemat, akhirnya mereka beli tembakau linting.

Hal-hal seperti ini kalian bisa pikirin barang-barang substitusi atau barang-barang apa yang bisa dibuat lebih terjangkau lagi dari segi costnya. kalau kalian bisa bikin bisnis seperti itu, kalian bukan cuman membantu orang-orang yang lagi kesulitan tapi kalian bisa membuat bisnis kalian juga berkembang. 

2. Efisiensi dari segi energi 

Karena BBM mahal, semua orang sekarang jadi lebih tertarik buat explore kendaraan-kendaraan listrik seperti mobil listrik dan motor listrik. Terus terang memang masih mahal aja sih untuk unitnya. Tapi One day, Saya yakin harga-harga kendaraan listrik pasti juga akan menurun. dan saat itu terjadi pasti pasarnya jadi semakin besar. Orang-orang beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik. 

Diperkuat lagi dengan isu bahwa Indonesia itu akan jadi produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia. Nggak cuma dari kendaraan listrik, Saya cukup yakin di tahun depan itu barang-barang dengan menggunakan tenaga listrik itu juga akan semakin meningkat seperti kompor listrik. 

Baca Juga : 
Maka dari itu kita harus bisa memanfaatkan trend ini. Misalnya dengan membuat charging station untuk kendaraan listrik, atau juga kita pikirin aksesoris-aksesoris yang dipakai sama kendaraan listrik. Misalnya dari segi kabelnya atau misalnya kalau kompor ya pasti ada panci khusus kompor listrik dan lain sebagainya. 

Terus terang, dengan kondisi ekonomi yang kurang baik akan membuat bisnis-bisnis itu semakin sulit untuk berkembang. Tapi justru di keadaan yang sulit ini, kita harus bisa semakin lebih kreatif lagi untuk berpikir bagaimana bisnis kita bisa jadi solusi untuk orang banyak. Kalau misalnya bisnis kita bisa mengembangkan efisiensi di tahun 2023, pasti bisnis kita akan berkembang. Kita sebagai entrepreneur harus bisa berpikir bagaiimana caranya bisnis kita itu bisa menjadi solusi buat masa yang sekarang dan juga masa yang akan datang.

Demikian artikel tentang Peluang Bisnis yang Bakalan Booming di 2023. Silahkan share ke teman, keluarga maupun saudara agar mereka semua tau. Semoga apa yang sudah dibaca bisa bermanfaat. Terimakasih.

Komentar