-->

Inilah Investasi Yang Menguntungkan dan Anti Rugi

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Kali ini saya akan membahas tentang "Investasi paling menguntungkan dan anti rugi". Seperti kita ketahui bersama, akhir-akhir ini ramai sekali kasus yang namanya penipuan soal investasi. Mulai dari binary option, yang menyeret beberapa nama influencer ternama Tanah Air. Terus juga robot trading adalah Giant berkedok koperasi dan berbagai macam jenis penipuan lainnya.

investasi-anti-rugi-2022

Menurut saya hal ini terjadi karena masyarakat kita jika ingin mendapatkan sesuatu itu secara instant/cepet. Jadi kalau soal investasi ya pengen dapet untung dengan cepat, dan caranya tentu saja ada tawaran untuk berinvestasi (Investasi Bodong). Di Investasi Bodong ini mereka menjanjikan keuntungan yang tidak masuk akal. Mungkin menurut para orang-orang yang dalam tanda kutip tertipu ini, bagi mereka sangat menguntungkan. Mereka berharap nanti bisa dapat Cuan yang lebih gede lagi dalam jngka waktu yang singkat.

Memang kondisi masyarakat kita yang dingin dengan sesuatu yang nilainya gede, hasilnya gede dan cepat, mereka akan cepat tertarik. Tanpa mempelajari lebih jauh soal, bagaimana investasi itu dijalankan. Bahkan dari beberapa diantara yang tertipu itu, sebetulnya sadar bahwa yang dia lakukan itu beresiko besar. Bahkan ada yang sadar juga itu bukan investasi yang sebenarnya, itu merupakan permainan. Namun karena sudah terlanjur nyemplung dan berharap dapat nilai kembalian yang gede, maka diteruskanlah. Alhasil bukannya untung malah buntung, sekarang banyak sekali terjadi.

Investasi sendiri merupakan, sebuah aktivitas dimana kita itu menanamkan sejumlah uang terhadap sebuah alat investasi, dengan harapan bahwasanya uang yang kita tanamkan ke alat tersebut atau ke entitas tersebut itu, di kemudian hari bisa kembali dengan angka yang lebih besar atau memberikan keuntungan. Singkatnya investasi itu Ya kita taruh duit dan kita berharap dapat untung dari sana. 

Ada banyak tool atau alat yang sebetulnya bisa dipakai untuk berinvestasi. Mulai dari sektor riil atau activa riil dan juga activa finansial. Activa riil misalnya, kalian beli tanah atau nyicil tanah atau nyicil properti, itu berupa investasi sektor riil atau aktiva riil. Sedangkan untuk Investasi finansial itu ada banyak ragamnya, mulai dari yang jelas dia berupa surat berharga seperti saham, reksadana, deposito ada juga sekarang lagi ngetrend yang namanya Forex maupun crypto curency. 

Semua alat investasi ini sebetulnya berpeluang memberikan keuntungan, bahkan beberapa cukup gede keuntungannya. Hanya saja yang perlu kalian ketahui, meski alat investasi ini dapat menghasilkan uang, namun juga punya resiko-resikonya juga yang tidak nanggung nanggung. Nah ini yang tidak banyak diketahui atau tidak banyak orang mau tahu soal ini, Pengennya cepet dapet untung gede. Makanya wajar ketika masyarakat Indonesia diiming-imingi dengan investasi tertentu dengan hasil yang lumayan, mereka berbondong-bondong masuk ke sana. 

Saya mau bilang kalau kita mau masuk ke sana, kalau kita mau masuk ke investasi jenis tertentu yang sudah disebutkan tadi, pelajarilah dengan benar bahwasanya investasi itu menghasilkan untung, disisi lain juga ada faktor resikonya. Pelajari dengan benar agar kita bisa menghindarkan kita dari kerugian yang besar. 

Kalau ngomongin soal banyaknya tool investasi, apa yang paling menguntungkan? Kalau menurutku saya, ada investasi dasar yang bisa kita kerjakan dan itu akan memberikan pendapatan juga keuntungan ke kita, bahkan ini tanpa resiko yang tidak banyak dikerjakan oleh masyarakat kita. Masyarakat kita itu kecenderungannya lebih banyak memilih untuk jalur-jalur investasi seperti sektor-sektor finansial, atau yang lainnya.

Sebelum kita membahas soal investasi menguntungkan ini, saya pengen menggaris bawahi bahwasanya kalau sobat atau teman-teman investasi di bidang yang saya sebutkan tadi, sektor keuangan ataupun sektor fisik yang aktiva fisik, pastikan dulu kalau yang kalian gunakan Itu uangnya adalah uang dingin. Maksudnya uang dingin gimana? uang yang memang bukan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya uang untuk beli makan, untuk kebutuhan dapur, untuk kebutuhan rumah, untuk cicilan dan sebagainya. 

Pastikan uang itu sudah terbebas dari uang-uang yang untuk kebutuhan tersebut. Pastikan uang itu juga adalah uang di luar dana darurat kita. Barulah kita ngomong soal beli saham beli Reksadana beli crypto dan sebagainya. Agar tidak mempengaruhi kebutuhan kita, agar tidak mempengaruhi kehidupan kita. Jangan sampai kita beli saham misalnya, kita pakai dana dana untuk kebutuhan rumah tangga atau misalnya kita pakai dana untuk menyekolahkan anak, itu sangat beresiko sekali.

Soal investasi apa yang paling menguntungkan ini tidak banyak dikerjakan oleh orang lain adalah, investasi terhadap diri kita. Maksudnya investasi terhadap diri sendri itu gimana? ya sebetulnya sebelum kita melakukan investasi ke alat-alat investasi yang tadi, kita sebaiknya investasi ke diri sendiri. Contoh investasi ke diri sendiri misalnya, meningkatkan kapasitas yang kita punyai. Jadi istilahnya secara personal kapasitas kita, developer, kita kembangkan lebih lanjut. Sehingga orang akan menghargai kita lebih jauh. 

ketika kalian menjadi ahli, maka akan lebih dihargai oleh orang lain. Misalnya kalau kalian suatu saat akan melamar pekerjaan, tentu saja lebih mudah karena mempunyai keahlian khusus. Atau misalnya suatu saat kalian membangun personal branding yang baik di media sosial, kalian bisa menjual keahlian itu ke berbagai instansi yang membutuhkan. 

Menurut saya investasi ke diri sendiri itu gak ada ruginya. Kenapa? karena basic masih kita pakai sampai kapanpun. Berkarir profesional atau menjadi seorang wirausahawan itu pasti berguna apa yang sudah kita investasikan hari ini. Misalnya dengan ikut pelatihan, ikut kursus, dengan mengambil sertifikasi. Memang semua ini membutuhkan biaya, tetapi itu menjadi bagian akumulasi ke diri kita. 


Semakin competent kita, kita pasti akan lebih dihargai oleh orang lain atau klien kita. Sayangnya untuk jenis investasi yang seperti ini tidak dikerjakan oleh banyak orang, belum semuanya masyarakat kita sadar untuk masuk ke sana. Belajarlah, nanti itu semua akan membentuk karakter kalian, membentuk kapasitas kalian dan pasti kalian akan ada harganya. 

Sekali lagi bagi kalian yang akan masuk ke dunia investasi, pastikan kalian pelajari seluk-beluknya agar apa yang kita investasikan ke sana ada hasilnya dan tidak buang duit sia-sia. Terus juga kalau misalnya kalian belum siap untuk masuk ke dunia investasi seperti itu, kalian masih bisa berinvestasi kepada diri sendiri. Semoga bisa mencerahkan bahwasanya investasi yang paling dasar, yang bisa kita kerjakan hari ini adalah investasi untuk mengembangkan kapasitas kita sendiri.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuan dari rumah, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat.

Komentar