-->

5 Alasan Pentingnya Investasi

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Kali ini kita membahas Apa itu pentingnya investasi, agar menambah wawasan kita semua tentunya. Barangkali yang belum pernah investasi sebelumnya, akan mulai investasi setelah membaca ini. 

Investasi-untuk-masa-depan

Langsung saja, inilah 5 alasan pentingnya investasi : 

1. Memperkecil resiko inflasi atau bahkan terhindar darinya 

Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Artinya uang yang kita tabung meskipun nilainya sama 10 juta,  tapi nilai tukarnya sudah berbeda dari tahun ketahun. Saya kasih contoh, dulu uang Rp1.000 bisa membeli rokok sebatang dan sekarang uang Rp1.000 sudah tak bisa membeli rokok sebatang, karena harga rokok pun sudah naik. Kalau kita hanya menabung, maka itu yang akan terjadi. Kita terkena inflasi dan tujuan keuangan yang kita dambakan bahkan semakin jauh untuk tercapai. 

Perlu diketahui, di Indonesia rata-rata inflasi tahunan itu ada di angka tiga persen. Bisa kurang dan bisa lebih tergantung Bagaimana kondisi perekonomian berjalan. Oleh sebab itu, investasi menjadi solusi yang masuk akal untuk menjaga uang kita, agar tidak terkena inflasi.

2. Menjadi tambahan penghasilan 

Jika menabung hanya membiarkan uang mengendap tanpa ada hasil apapun, maka investasi berbeda, karena uang kita bekerja dan akan mendapatkan keuntungan darinya. Misalnya kita memutuskan untuk investasi saham, maka ada dividen atau keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemilik saham. 

Biasanya pembagian dividen dilakukan diakhir periode laporan keuangan. Selain itu, harga saham yang kita beli tentunya juga bisa naik dan turun harganya. Ketika naik dan dirasa keuntungannya sudah cukup,maka kita bisa menjualnya dan kita mendapat cuan darinya. Daripada hanya menabung dan terkena inflasi, mending investasi. 

Selanjutnya, mungkin kalian pernah dengar tentang orang-orang yang mempunyai penghasilan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Nah itu salah satu trik untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

3. Membantu mewujudkan tujuan keuangan 

Kalian tentunya Punya dong tujuan keuangan. Misalnya membangun rumah, naik haji, liburan keluar negeri atau bahkan persiapan menikah. Bagi rang-orang generasi Z, untuk sampai ke tujuan tentu harus ada jalan. Nah investasi bisa menjadi salah satu jalan yang menjanjikan, untuk bisa mencapai itu. atau untuk bisa mencapai tujuan keuangan yang nantinya kita bisa menghitung perkiraan kebutuhannya, berapa potensi keuntungan dalam jangka waktu yang diharapkannya, dan nilai investasi yang mesti kita sisihkan tiap bulan berapa. 

Hal yang biasa atau mainstream terjadi di dunia atau lingkupnya kecil di Indonesia adalah, kita bekerja untuk uang atau gaji. Nah dalam hal investasi, kita membuat penyeimbang nya. Setelah kita bekerja untuk uang, maka buatlah uang bekerja untuk kita. Sehingga akan tercipta keseimbangan diantara keduanya. Kenapa disebut uang bekerja untuk kita? karena dengan investasi uang kita akan produktif dan aktif untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Disaat kita tidur sekalipun, uang kita akan tetap bekerja. Berbeda dengan hanya kita menabung, yang mana uang kita tidak aktif dan cenderung pasif. Sehingga dengan berjalannya waktu nilai tukarnya berkurang. 

5. Mencapai kebebasan finansial 

Banyak anak muda yang bermimpi untuk mencapai kebebasan finansial, kalian mungkin saja menjadi salah satunya. Saya pun juaga demikian, mayoritas orang pasti menginginkan kebebasan finansial. Dimana kita sudah memiliki aset dan kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Tanpa mesti bekerja susah payah lagi.

Disini perlu kita garis bawahi. Bahwasanya untuk mencapai kebebasan finansial, tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, butuh proses untuk menuju kesana. Semakin cepat dan tepat kamu mengambil keputusan untuk investasi, maka akan semakin dekat juga kamu mencapai kebebasan finansial. Jadi jangan menunggu terlalu untuk mulai Investasi.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuan dari rumah, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat.

Komentar