-->

Rekomendasi Bisnis Terbaik Untuk Pemula

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuan dari rumah. Di artikel kali ini saya akan menulis tentang "Rekomendasi Bisnis Terbaik Untuk Pemula". Jadi bisnis apa yang paling cocok untuk pemula? Agency, itu adalah bisnis yang bagus banget buat pemula, buat siapapun yang mau mulai, the number one bisnis, semua orang bisa mulai adalah agency. Dan mungkin kalian bertanya-tanya, masa sih agency? 

Rekomendasi-bisnis-2022

Masalahnya untuk memulai bisnis untuk pemula, ada beberapa ceklis yang harus di isi, antara lain :
1. CapEx nya harus rendah, CapEx atau Capital Expenditure yaitu modal bisnis itu harus rendah. 
2. Ada marketnya. 
3. Untuk biaya operasionalnya nya itu ga perlu duit yang banyak. 

Jadi bisa dibilang low risk & low capital, tapi potensinya bisa besar. Ada yang tanya ke saya, kalo agency disaranin sebagai bisnis pemula, semua orang mulai agency nanti kebanyakan dong? 
Nah bener, agency dibanding di tahun - tahun sebelumnya, apalagi pas saya mulai dulu itu tuh berbeda banget dibanding tahun sekarang ini. Ada grafik pertumbuhan jumlah agency di dunia, karena memang sekarang tuh agency banyak banget. Tapi jangan lupa, market agency atau basically orang individu atau bisnis yang membutuhkan sebuah jasa banyak banget. Dan saya yakin 100%, semua bisnis butuh jasa, butuh jasa marketing, butuh jasa produksi, butuh jasa operation, butuh jasa copywriting, semua bisnis dunia butuh itu. 

Tapi beberapa dari bisnis nya itu punya preferency untuk fulltime, ada yang suka hire partime , ada yang suka project bases. Nah sebenernya kalo agency mikirnya tuh kaya gini, ada sebuah bisnis yang core bisnis nya adalah misalnya tukang reparasi mobil, tapi reparasi mobil ini kan mereka butuh ngelakuin yang namanya campaign. Nah campainging atau bikin event, itu bukan core bisnis mereka. Jadi mereka ga mungkin hire full time, karena kan belum tentu selalu ada kerjaan dan itu bukan core mereka. Jadi ngapain mereka hire agency. 

Sebenernya alasan kenapa agency sampe sekarang, bahkan sampe ke 10 tahun kemudian itu bakalan survive itu konsep supply demand, selalu bakalan ada demand nya. Tapi ini tips paling penting, suplay nya makin banyak gimana caranya kita bisa dapet demand? 

Menurut saya tiga tips ini yang paling penting di tahun 2022 atau moving forward. Kalo kalian mau sukses atau mau mulai sebagai agency, bisa dapet omset milyaran, temanya cuma satu "how to standout". Dengan segitu banyak agency, saran saya adalah standout! bukan tentang masalah jago jagoan, murah murahan, tapi gimana caranya kalian standout. Gimana caranya agar kalian terlihat berbeda dibanding agency - agency lain.Berikut ini tips nya :

1. Niche

Kalo misalnya orang ke google cari jasa design, yang keluar mungkin bisa ribuan, puluhan ribu, bahkan mungkin sampe ratusan ribu. Saya bakalan remind lagi, sebelum kalian mulai, cari niche nya kalian. Misalnya kalian jago design, ga jadi masalah. Tapi niche itu kalian persempit lagi skill nya. Misalnya desain khusus untuk vtuber, design untuk fintech, khusus ui/ux, dan di khususin lagi untuk aplikasi health tech. Itu yang harus di kerucutin banget, bangun reputasi niche kalian.

Misalnya copywriting, kalian mau ngasih jasa menulis. Banyak orang yang bisa nulis article, tapi banyak ga yang bisa bikin tulisan untuk email blast, biar converting ke purchase atau namanya sales copywriting. Nah itu yang harus dilakuin perlahan - lahan, find your niche biar kalian ga saingan di market yang berdarah darah. 

2. Build Reputation Bukan Portofolio

Bisnis-pemula-terbaik

Bedanya Reputasi sama portofolio. Kalian bisa ngerjain 10 hal, dan jago dalam ngejain 10 hal ini, nih liat nih background saya. Tapi masalahnya dalam tema stand out di tahun 2022, bangun fortpolio itu ga cukup. Kalian bisa kerjain 100 project, tapi kalo misalkan 100 orang ga tau lu ngerjain 100 project, gimana cara mereka hire kalian? Mereka bakalan hire siapapun yang mereka tau, yang udah pernah ngejain 10 project misalkan. 

Bahkan kalian bisa jadi lebih jago dari pada mereka, tapi mereka bisa dapet market share nya kalian. Kenapa demikian? soalnya yang mereka bangun adalah reputasi. Nah bedanya reputasi sama portpolio, reputasi itu sifat nya public, misalnya kasih diskon ke client. Atau misalnya se simple jadi content creator di instagram, di instagram bisnis kalian. Itu tuh ngeshare tentang proses publicnya gimana dan di advertise, di advertise itu bukan sekedar dapet klien, di advertise biar orang tau kalo kalian punya portpolio. 

Jadi jangan sembunyiin apa yang udah kalian lakuin, kalo bisa beberin kemana mana bahwa kalian sukses, ngelakuin sebuah client, kasih diskon ke clientnya kalo kliennya wiling to refer ke klient lain atau di promote, That Reputation. Itu yang harus kalian lakuin untuk standout di tahun 2022 ini. 

3. Account Management 

Nah pasti banyak yang agak asing dengan kata Account Management. Account itu sesimple  hubungan kalian dengan client. kalo misalnya kalian lagi tender, atau lagi pitching. Kalian lihat client kalian sebagai client, kasih the best offer, kasih the best price, semoga dia bisa deal sama saya. 

Tapi di mindset kita, klient vendor relationship relasinya itu sebatas kalo anda butuh jasa saya, saya bisa kasih jasa ke anda. Pada kenyataannya, ini yang menurut saya paling susah untuk dilakuin. Karena tidak semua orang itu punya interpesonal skill, untuk ngelakuin account management. Account management atau management account, atau management client itu lebih dari seperti administrasi, butuh dokumen apa, butuh npwp, tapi kalian harus membangun personal relationship.


Perlu diingat, klient perusahaan manapun, individual atau bisnis apapun, kalian bukan deal sama perusahaan. Kalian deal sama orang, kalo misalnya perusahaan itu sebenernya bisa benefit dengan agency kalian, tapi orang nya ga suka sama kalian, dia bakal pilih orang lain. Mungkin lebih jelek, lebih mahal dari pada jasa kalian. Nah building relationship ke klient, lebih dari sekedar work relationship. Misalnya sesimple nanyain apa kabar keluarganya?, misalnya Dia lagi fokus kemana? Dia lagi punya hobby apa? 

Jadi hal - hal kecil gitu, yang dari tadi kan kita bahas, yang sifatnya external yang public, inilah hal kecil yang kalian bisa lakuin untuk standout. Jika kalian bisa standout dalam relationship, kalian bisa dapet project yang mungkin nilainya milyaran. Atau mungkin kecil diawal, tapi bisa dapet terus - menerus kalo misalnya dia suka sama kalian.

Demikian menurut saya 3 tips yang paling krusial untuk standout membangun agency di 2022. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuan dari rumah, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat.

Komentar