-->

6 Fakta Tentang Uang Yang Perlu Anda Ketahui

Hallo Sobat Cuan, selamat datang di Blog Cuandarirumah.com. Kali ini saya akan membahas suatu hal penting dalam perjalanan kita mengenai budgeting uang, yang mungkin akan kita sadari seiring usia kita bertambah, atau ketika ada kejadian mendadak yang tiba-tiba harus kita hadapi. Orang suka berasumsi, kita perlu menjadi pakar ekonomi saat berbicara tentang uang, yang sebetulnya harus kita sadari adalah, sesimpel membedakan mana yang benar atau mana yang salah. Mengenai uang, berikut adalah 6 kebenaran tentang uang yang perlu anda ketahui: 

Gambar-uang-dolar

1. Nilai Kredit atau Credit Scoring 

Anda bukan hanya dinilai dari pemakaian credit card anda, biasanya pembagian nilai kredit anda dibagi menjadi jumlah nominal permintaan kredit, tipe kredit yang anda bisa ambil durasi kredit pinjaman yang diambil, level hutang yang anda ambil jika anda tidak membayar tagihan kartu kredit anda secara tepat waktu, maka sama saja anda telah mensabotase diri sendiri untuk mendapatkan nilai kredit yang baik. Nilai kredit yang baik, akan membuat anda mudah untuk mendapatkan pinjaman, bahkan dikejar-kejar Bank untuk mengambil pinjaman. Jadi, jagalah credit rating anda. 

2. Biaya Transportasi

Biaya Transportasi adalah biaya yang mengambil porsi terbanyak dari budget anda, biasanya biaya transportasi mengambil 9-25 % dari total keseluruhan budget anda, seperti service bulanan kendaraan, parkir, bensin dan ojol. Sebetulnya budget ini dapat kita kurangi dengan berjalan kaki, bersepeda, atau memakai transportasi umum. Dengan ini, kita juga berkontribusi untuk membuat lingkungan lebih sehat dan membuat diri kita juga lebih sehat. 

3. Tidak Menggunakan Credit Card Secara Bijaksana 

Dengan adanya kemudahan kartu kredit dalam belanja, sangat memudahkan orang untuk bertransaksi, kadang juga bisa menyebabkan anda membeli suatu barang yang ternyata tidak benar-benar ada pelukan. Tapi sebenarnya, jika anda bisa mengatur keuangan anda dalam berbelanja, daripada anda membayar dengan debit card atau cash, akan lebih baik anda menggunakan kartu kredit, karena anda bisa mendapat poin, mendapat reward dan juga cash back dari segala transaksi yang telah anda lakukan, dan dapat digunakan untuk di transaksi berikutnya. Saya tekankan kata bijaksana ya. 

4. Bekerja Rutin Pagi Sampai Sore 

work-hard-dreaming-big

Bahkan berbisnis pun tidak menjamin anda untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan adanya pekerjaan tetap yang rutin, gaji bulanan, bisa membuat anda menjadi begitu nyaman dan menjadi tergoda untuk menghabiskannya, sesuai kebiasaan buruk dalam pembelanjaan uang anda. Ada baiknya kita membuat tabungan otomatis untuk disisihkan langsung, misal untuk tabungan bulanan, investasi dan tabungan pensiun. 

Dengan anda telah mengalokasikan dana yang telah masuk dan tidak langsung melihat nominal yang terus bertambah, dengan masuknya gaji bulanan anda, maka anda jadi tidak tergoda untuk memakai budget tersebut, dan bisa lebih mengatur budget keuangan anda. 

5. Anda Tidak Perlu Kaya Raya Untuk Berinvestasi

Berdasarkan riset hanya ada 9% orang yang merasa dirinya sebagai investor, padahal dengan anda menabung dana pensiun dan dengan kemudahan sekarang ini, kita bahkan bisa berinvestasi hanya dengan Rp100 dan anda sudah termasuk investor. Yang terpenting adalah niat dan disiplin dari dalam diri.

6. Bunga Pinjaman Mengambil Porsi Yang Besar Dalam Budget Keuangan Anda

Ada yang suka membeli produk secara nyicil nyicil, kartu kredit cicilan HP, cicilan rumah, cicilan mobil, pinjaman pendidikan atau bentuk pinjaman pembelian lainnya dengan bunga, biasakan anda disiplin membayar full tagihan cicilan anda dan menghindari bunga pinjamannya. Selain itu, cek juga berapa biaya admin yang harus anda bayar, asuransi dan biaya lainnya untuk cicilan tersebut. Penting juga cek berapa total pembelian anda, yaitu total pinjaman dan total bunganya. 

Jika memungkinkan, usahakan agar anda bisa bernegosiasi, untuk mengurangi nominal bunga pinjaman tersebut, melakukan refinance, memperpanjang masa hutang pinjaman untuk membantu kelancaran cashflow, tanpa kenaikan nominal bunga pinjaman, ataupun memperpendek masa hutang pinjaman. Jadi anda tidak harus membayar bunga pinjaman yang lebih besar. Dengan melakukan beberapa usaha tersebut, anda bisa menjadi lebih sadar dalam mengeluarkan budget dan diharapkan, anda bisa menyimpan lebih banyak uang untuk simpanan hari tua. 

Akhir kata, keadaan finansial mu sekarang bukanlah keadaan finansial akhirmu, semua itu tergantung dari tindakan pintar dan bijaksana yang anda ambil, untuk bisa mengatur keuangan dan juga budget anda. Demikian 6 Fakta Tentang Uang Yang Perlu Anda Ketahui, jika anda merasakan ada manfaat dari artikel ini, silahkan share ke teman-teman anda dan berikan komen pada artikel ini. 

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca di Blog cuandarirumah.com, semoga apa yang sudah anda baca bisa bermanfaat. 

Komentar